Selasa, 17 Juli 2012

tugas humas


1.       Humas adalah seni menciptakan pengertian  public yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan public terhadap suatu individu / organisasi. 
a.       Karena humas memiliki peran untuk menunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh suatu manajemen organisasi. Sasaran humas adalah public internal dan eksternal dimana secara operasioanal. Humas bertugas membina hubungan harmonis  antara organisasi dengan timbulnya rintangan psikologi yang mungkin terjadi diantara keduanya. Contoh dari kegiatan – kegiatan humas adalah melobi, berbicara di depan public, menyelenggarakan acara, dan membuat pernyataan tertulis. Dan fungsi dari humas ini yaitu memberikan penerangan kepada public, melakukan persuasi  kepada public untuk mengubah sikap dan tingkah laku public, upaya untuk menyatukan sikap dan perilaku suatu lembaga sesuai dengan sikap dan perbuatan masyarakat  atau sebaliknya.

2.       Pbm atau pendidikan berbasis masyarakat adalah pendidikan yang dikelola oleh masyarakat dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di masyarakat dan menekankan pentingnya partisipasi masyarakat pada setiap kegiatan belajar serta bertujuan untuk menjawab kebutuhan masyarakat, konsep, dan praktek PBM tersebut adalah untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas, terampil, mandiri, dan memilikki daya saing dengan melakukan program belajar yang sesuai kebutuhan masyarakat.
Dalam penerapan di madrasah masyarakat dapat berperan dalam pendidikan meliputi peran serta perorangan , kelompok, keluarga, organisasi kemasyarakatan dalam menyelenggarakan dan mengendalikan mutu pada satuan pendidikan , masyarakat dapat berperan serta sebagai sumber pelaksanaan dan pengguna hasil pendidikan, dan dalam pendanaan penyelenggaraan pendidikan berbasis masyarakat dapat bersumber dari penyelenggaraan, masyarakat , pemerintah, pemerintah daerah dan sumberlain yang tidak bertentangan dengan undang – undang.

3.       Untuk menciptakan hubungan yang baik antara madarasah dan masyarakat yaitu melibatkan / mengikut sertakan masyarakat terhadap kegitan – kegiatan yang ada di lembaga maupun masyarakat seperti hari – hari besar islam maupun nasional. Pemanggilan orang tua siswa ke sekolah dalam rangka silaturahmi dan memberikan informasi – informasi penting kepada orang tua murid tentang perkembangan anaknya supaya adanya hubungan kerja sama anatara orang tua dan lembaga agar mendapatkan timbale balik dari orang tua siswa dan masyarakat atas hubungan kerja sama yang telah dilakukan.

4.       Tujuan diadakannya survey opini public terhadap sekolah atau madrasah yaitu merupakan salah satu cara untuk mengetahui pendapat masyarakat atas berbagai isu – isu dengan menggunakan sampel yang diambil secara ilmiah, survey dilakukan dengan cara yang berbeda – beda seperti sensus untuk mengetahui data / fakta yang ada di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar